Jumat, 08 Juni 2012

Akuntansi Sektor Publik


BAB VII
PENENTUAN HARGA PELAYANAN PUBLIK
(CHARGING FOR SERVICES)

1.      Jelaskan prinsip-prinsip charging for services!
Jawaban :
Sebagian barang dan jasa yang disediakan pemerintah lebih sesuai dibiayai dengan pembebanan tarif. Semakin dekat suatu pelayanan terkait dengan barang privat, semakin sesuai barang tersebut dikenai tarif. Namun batasan identifikasi barang privat dan public kadang sulit dan harus dilakukan dengan dasar per pelayanan.
Dalam praktiknya, pelayanan yang gratis secara nominal seringkali sulit dijumpai. Pelayanan gratis menyebabkan insentif rendah, sehingga terkadang kualitas pelayanan menjadi sangat rendah. Misalnya pemberian pelayanan kesehatan gratis biasanya kualitasnya kurang memuaskan.
2.      Perusahaan milik pemerintah pada satu sisi dituntut untuk semakin efisien dan professional. Di sisi lain, terdapat tekanan dari masyarakat agar pemerintah mampu memberikan pelayanan publik yang murah dan berkualitas. Terhadap fenomena tersebut, diskusikan strategi dalam menentukan harga produk pelayanan tertentu agar memenuhi prinsip efisiensi dan keadilan!
Jawaban :
Strategi dalam menentukan harga produk pelayanan tertentu agar memenuhi prinsip efesien dan keadilan yaitu:
1.    Two-part Tariffs yaitu banyak kepentingan publik (seperti lisrik) dipungut two-part tariffs, yaitu fixed charge untuk menutupi biaya overhead atau biaya infrastruktur dan variabel charge yang didasarkan atas besarnya konsumsi.
2.    Peak-load tariffs yaitu pelayanan publik dipungut berdasarkan tariff tertinggi.
3.    Diskriminasi harga. Hal ini adalah salah satu cara untuk mengakomodasikan pertimbangan keadilan (equity) melalui kebijakan penetapan harga.
4.    Full Cost recovery yaitu harga pelayanan didasarkan pada biaya penuh atau biaya total untuk menghasilkan pelayanan.
5.    Harga diatas marginal cost. Dalam beberapa kasus, sengaja ditetapkan harga diatas marginal cost, seperti tarif pakir mobil, adanya beberapa biaya perijinan licence fee.
3.      Jelaskan teknik akuntansi untuk menentukan harga pelayanan publik!
Jawaban :
Ahli ekonomi menganjurkan untuk menggunakan marginal cost pricing, yaitu tarif yang dipungut seharusnya sama dengan biaya untuk melayani konsumen tambahan (cost of pricing the marginal consumer). Harga tersebut adalah harga yang juga berlaku dalam pasar persaingan untuk pelayanan tersebut. Marginal cost pricing mengacu pada harga pasar yang paling efisien (economically efficient price), karena pada tingkat harga tersebut (ceteris paribus) akan memaksimalkan manfaat ekonomi dan penggunaan sumber daya yang terbaik. Masyarakat akan memperoleh peningkatan output dari barang atau jasa sampai titik dimana marginal cost sama dengan harga.
4.      Jelakan peran akuntansi biaya dalam menentukan hrga pelayanan publik!
Jawaban :
Akuntansi biaya pada sektor publik berperan untuk memberikan informasi mengenai pengeluaran publik yang dapat digunakan oleh pihak internal yaitu pemerintah dan pihak eksternal yang diwakili masyarakat untuk perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan. Informasi akuntansi manajemen diharapkan dapat membantu manajer publik dalam menentukan dan melaporkan biaya.
Proses penentuan biaya meliputi lima aktivitas, yaitu:
a.      Cost finding
Pemerintah mengakumulasi data mengenai biaya yang dibutuhkan  untuk menghasilkan produk maupu jasa pelayanan.
b.      Cost recording
Setelah melakukan proses cost finding, pemerintah mencatat data ke dalam sistem akumulasi organisasi.
c.       Cost analyzing
Mengidentifikasi jenis dan perilaku biaya, perubahan biaya, dan volume kegiatan. Manajemen organisasi harus bisa menentukan pemicu biaya agar dapat dilakukan strategi bisnis biaya.
d.      Strategic cost reduction
Menentukan strategi penghematan biaya untuk mencapau value for money. Pendekatan strategik dalam pengurangan biaya (manajemen biaya strategik) memiliki karakteristik sebagai berikut:
1.      Berjangka panjang
2.      Berdasarkan kultur
3.      Manajemen harus bersifat proaktif dalam melakukan penghematan biaya.
4.      Keseriusan manajemen puncak sebagai penentu efektifitas program pengurangan biaya karena pada dasarnya manajemen biaya strategik merupakan tone from the top.
e.    Cost reporting
                   Tahap terakhir adalah memberikan informasi biaya secara lengkap kepada pimpinan dalam bentuk internal report yang kemudian diagresikan ke dalam satu laporan yang akan disampaikan kepada pihak eksternal.
5.      Diskusikan biaya apa saja yang relavan dipertimbangkan untuk penentuan hrga pelayanan publik!
Jawaban :

Biaya yang relevan dipertimbangkan untuk penentuan harga pelayanan publik yaitu:
1.      Opportunity cost untuk staf, pelengkapan dll
2.      Opportunity cost of capital
3.      Accounting price untuk input ketika harga pasar tidak menunjukan value to society (opportunity cost)
4.      Pooling, ketika biaya berbeda-beda antara setiap individu
5.      Cadangan inflasi.

6 komentar: